Delia von Rueti dan Taman Hutan Impiannya

Jarang kita dengar ada orang yang bersedia menjadikan tanah pribadinya sebagai lahan konservasi hutan yang bisa diakses oleh publik. Namun suatu hari seorang ibu rumah tangga bernama Delia von Rueti memutuskan untuk menyisihkan sebagian dari lahan usaha kelapa sawitnya di Kalimantan Tengah agar dijadikan sebuah Taman Hutan Hujan Tropis.

Tumbuh dan besar di Sumatera Utara dari keluarga pekebun kelapa sawit, Delia belajar mengapresiasi peranan penting komoditas tersebut dalam menyediakan lahan pekerjaan bagi banyak petani. Namun di satu sisi, ia juga memahami perlunya pengelolaan lahan yang berkelanjutan dan memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Kini setelah anak-anaknya beranjak dewasa, Delia memiliki waktu luang untuk fokus mengurusi lahan kelapa sawitnya. Dan ia merasa terpanggil untuk ‘menyulap’ 2.500 hektar lahan miliknya menjadi taman percontohan bagi siapapun yang ingin datang dan belajar tentang konservasi hutan hujan tropis.

“Menanami lahan tersebut tidak masalah karena bibit-bibit pohon itu harganya murah,” ucap Delia pada acara peluncuran inisiatif ‘Love & O2’ di bilangan Jakarta Pusat pertengahan November lalu.

“Namun yang mahal adalah biaya pemeliharaan pohon-pohon tersebut, karena ini termasuk upaya mengedukasi masyarakat sekitar lahan agar turut berperan serta memelihara lingkungannya,” lanjut Delia.

This slideshow requires JavaScript.

Love & O2 merupakan gerakan yang dimulai Delia untuk meningkatkan kesadaran akan peranan hutan sebagai paru-paru dunia serta menumbuhkan kecintaan bagi Bumi.

“Karena itu saya menggagas kampanye ‘1 T-shirt for 1 tree’ dengan menjual beberapa T-shirt rancangan saya kepada kalangan publik, yang 100% hasil penjualannya akan digunakan untuk pemeliharaan taman tersebut,” jelasnya.

Delia pun menunjukkan beragam desain T-shirt yang bernuansa cerah dan menampilkan suasana hutan hujan tropis atau hewan-hewan terancam punah seperti harimau dan orang utan.

“Desainnya memang ‘rame’ dan mencolok, dan memang itu maksud saya ketika mendesainnya. Pakailah T-shirt ini dengan bangga dan tunjukkan pada orang-orang bahwa kamu peduli!” ucap sang desainer perhiasan eksklusif yang tampil cantik dalam balutan T-shirt dan kain bermotif hutan, serta aksesoris gelang dan kalung rancangannya sendiri.

Delia pun menggandeng teman-teman influencernya seperti Titi DJ, Teuku Zacky, dan Aming untuk mempromosikan kampanye penjualan T-shirtnya ini kepada khalayak umum.

This slideshow requires JavaScript.

“Kalaupun kamu tidak mau membeli T-shirt ini tidak apa-apa. Kamu bisa menanam pohon di halaman rumahmu sendiri,” kata Delia.

Delia bercerita bahwa siapapun boleh mengunjungi taman impiannya yang terletak di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Lokasinya memang sengaja dipilih yang aksesnya mudah, hanya 7 kilometer dari bandar udara terdekat di wilayah Baringin.

Di taman ini rencananya akan ditanami pohon-pohon kayu keras seperti kayu besi/ulin dan meranti serta pohon buah seperti manggis, nangka, tamarin, flamboyan, ketapang, kemuning, dan lain-lainnya.

Delia kembali berbagi mimpinya. “Kalau ternyata uang yang terkumpul sangat banyak, saya mau menggunakannya untuk membeli tanah lagi di Jawa, bahkan Jakarta. Agar lahan tersebut bisa saya ubah menjadi taman publik yang bebas dikunjungi siapapun.”

Kalau kamu mau membantu Delia mewujudkan taman impiannya, silakan dukung dengan membeli T-shirtnya via website, Instagram dan Facebook ‘Love and O2‘ atau di konter resminya di Plaza Indonesia.

Saya mau melihat lebih banyak lagi taman publik yang bagus. Yuk kita wujudkan bareng mimpi besar Delia ini!

 

 

6 Comments Add yours

  1. Aku sudah coba dan pakai t-shirt-nya. Ternyata bahannya adem, loh, dan ringan!

  2. Vidy says:

    Inspire banget…semoga semakin banyak hutan ditebang dan dibakar, semakin banyak orang yang mau “repot-repot” kayak mbak Delia ini. Salam kenal mbak Mel

  3. Ria says:

    wow, semoga taman hutan impiannya terkabul ya. dan mudah2an juga menarik perhatian sponsor agar lbh cepat terlaksana

  4. Wow Delia eren dan sangat inspiratif sekali ya mba. Semoga semakin banyak lagi orang yang seperti mba Delia ini.

  5. Fubuki Aida says:

    Inspiratif. semoga impian Delia terwujud

  6. Saya suka sekali dengan ide dan misi mulia mbak Delia ini.. semoga terwujud ya Mbak apa yang diinginkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *