Graffiti dan Semut Raksasa di Galeri Nasional

Pameran Bebas Tapi Sopan di Galeri Nasional
Display foto graffiti dan mural di pameran Bebas Tapi Sopan, Galeri Nasional

Setelah membangun kepercayaan diri membawa anak-anak ke beberapa museum sebelumnya, aku dan Ray lalu mengajak duo bocah berkunjung ke Galeri Nasional. Beberapa hari sebelumnya, sebuah artikel di koran Kompas membahas tentang pameran unik di galeri tersebut yang tengah digandrungi oleh anak-anak muda karena settingannya yang instagrammable alias cocok banget buat selfie. Oke, kami ke sana bukan karena pengen selfie, tapi lebih karena yakin bahwa kesenian graffiti yang ditampilkan di pameran itu akan cukup menarik bagi anak-anak.

Pengunjung berselfie ria di pameran Bebas Tapi Sopan
Pengunjung berselfie ria di pameran Bebas Tapi Sopan

Pameran ngehits itu berjudul ‘Bebas Tapi Sopan’, fringe event dari program Jakarta Biennale 2015. Sejak masuk ke dalam area pameran, kami langsung disuguhkan dengan ragam karya visual jalanan (sebagian besar dalam bentuk mural dan graffiti) dari dinding ke dinding. Banyak diantaranya menyuarakan bentuk protes atas situasi sosial yang tengah berlangsung di tengah masyarakat. Namun yang pasti, warna-warninya yang mencolok berhasil menarik perhatian anak-anak. Mereka pun betah berlama-lama melihat-lihat lukisan-lukisan jalanan di dinding.

 

This slideshow requires JavaScript.

Puas dengan pameran Bebas Tapi Sopan, kami pun melanjutkan kunjungan ke display permanen Galeri Nasional di lantai dua gedung sebelah. Tanpa adanya akses lift, stroller terpaksa ditinggal di meja resepsionis lantai dasar dan Sjahrir pun digendong. Hatta tetap antusias memanjati anak-anak tangga menuju lantai atas.

Pameran yang kedua ini bahkan lebih menarik lagi bagi Hatta. Terdapat banyak instalasi seni yang mengguggah keingintahuannya, dari semut-semut raksasa yang merayapi dinding hingga deretan singa rotan yang menonton layar televisi. Hatta lebih banyak mengamati instalasi-instalasi seni tersebut, dan baru mulai bertanya-tanya lebih lanjut ketika sudah masuk ke mobil untuk pulang. Saya rasa kunjungan ke Galeri Nasional hari itu cukup membekas bagi Hatta.

This slideshow requires JavaScript.

Galeri Nasional sering lho mengadakan pameran-pameran tematik yang seru untuk keluarga. Coba deh ajak si kecil ke sana sekali-sekali. Pasti akan menjadi pengalaman yang berbeda 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *