Memasak Bersama Ayah: Family Staycation di Holiday Inn Express JIExpo

Selama ini Hatta selalu belajar memasak bersama ibunya, baik di rumah maupun di kursus-kursus singkat di mall. Namun ketika Hatta mendapat undangan khusus untuk memasak bersama ayahnya, kesempatan unik ini langsung kuterima, dengan harapan si bocah dan si ayah bisa menikmati father and son bonding time yang berbeda dari biasanya.

Kebetulan undangan memasak untuk Hatta dan ayahnya ini berbarengan dengan undangan menginap bagi seluruh keluarga dari Holiday Inn Express Jakarta International Expo Kemayoran. Sebuah kesempatan family staycation yang menarik menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2017.

This slideshow requires JavaScript.

Keluar dari pintu tol Kemayoran, dalam lima menit kami sudah tiba di lobby hotel yang luas dan bernuansa monochrome. Berbeda dari hotel-hotel pada umumnya, Holiday Inn Express JIExpo mendorong peranan aktif pengunjungnya untuk melakukan pelayanan mandiri dalam pengalaman menginapnya. Deretan troli barang ala bandara siap digunakan pengunjung untuk membawa sendiri koper-kopernya ketika check-in hingga masuk kamar.

Hal pertama yang menyita perhatian kami ketika memasuki kamar adalah jendela-jendela kaca raksasanya yang menyuguhkan pemandangan kota di luar. Lampu-lampu kota yang bergemerlapan di malam hari, maupun aktivitas kota yang tampak detail di pagi hari, masing-masing memberikan cerita yang berbeda dan memikat perhatian anak-anak pada setiap kesempatan.

This slideshow requires JavaScript.

Kamar yang kami tempati sangat luas dan nyaman untuk mengakomodir rombongan besar bersama krucil yang senang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ruang keluarga yang dilengkapi dengan fasilitas kerja, sofa, serta televisi tampil cantik dengan aksen lukisan bunga di dindingnya. Kamar tidur utama yang terhubung dengan ruang kerja tampil cerah dalam nuansa putih abu-abu. Selain tempat tidur, televisi, dan i-pod docking, sebuah kursi malas menyempurnakan kamar ini—menjadikan jendela sebagai spot yang nyaman untuk duduk santai sembari melihat pemandangan kota.

Hal lain yang kusukai dari kamar yang kami tempati adalah tersedianya dua ruang toilet yang berbeda. Yang pertama terletak di pintu masuk kamar—menempel dengan ruang keluarga, sementara yang kedua terletak di sebelah kamar tidur—dilengkapi fasilitas shower dan bath tub. Desain kamar seperti ini sangat cocok bagi keluarga dengan anggota yang banyak seperti kami karena frekuensi menggunakan kamar mandi cukup tinggi, sehingga dapat menghemat waktu antrian.

This slideshow requires JavaScript.

Memasuki sesi masak-memasak ‘Daddy and Me Cooking Date’ yang diselenggarakan Holiday Inn Express JIExpo bersama dengan YukMakan.com, Hatta dan Ray tampak excited namun sedikit cemas juga. Maklum, keduanya belum pernah memasak berdua, sehingga belum yakin dengan pasangan duetnya. Namun setelah melihat pasangan-pasangan ayah dan anak lainnya yang bersiap memasak di area outdoor hotel dengan deretan meja berkompor dan bahan-bahan makanan di atasnya, keduanya langsung semangat mengenakan apron dan bersiap di tempat masak masing-masing.

Siang itu kelas memasak dipimpin oleh Chef Ado dari Holiday Inn Express JIExpo. Sesi pertama diisi dengan praktek masak yang cukup ambisius yakni menu utama berupa mashed potato, salad, dan ayam goreng kriuk saos tomat. Mendengarnya saja sudah takjub. Apakah Hatta dan Ray bisa bertahan memasak menu sebanyak itu?

This slideshow requires JavaScript.

Awalnya keduanya tampak asyik mengupas sayur-mayur untuk mempersiapkan mashed potato dan salad. Hatta terlihat serius sekali memegang alat pengupas untuk menguliti kentangnya. Usai dipotong, Ray yang menyalakan kompor dan merebus kentang. Sambil menunggu kentang matang, keduanya bersama-sama memotong tomat, wortel, bawang bombay, dan paprika. Hatta lalu mencampur dan mengaduk potongan sayur dengan mayonnaise, dilanjut dengan menghancurkan kentang dan mencampurnya dengan susu. Karena kelaparan, mashed potatonya sudah dihabiskan sebagian oleh Hatta sebelum ayamnya sempat diolah.

Perut agak terisi, Hatta semangat lagi memotong-motong fillet ayam. Saya kagum juga melihat Ray mempercayakan Hatta untuk memegang sendiri pisau tajamnya. Untungnya tidak ada insiden apa-apa selama memasak. Keduanya pun seseruan bersama mencelupkan potongan ayam ke kocokan telur lalu menggulingkannya ke dalam tepung roti. Usai digoreng, Hatta istirahat dulu untuk memakan ayam kriuknya di bangku taman bersama Sjahrir. Untuk sementara Ray berjuang sendirian mengolah saos tomat untuk ayamnya.

This slideshow requires JavaScript.

Beres dengan menu pertama, hasil olahan Ray dan Hatta pun dikumpulkan di meja juri untuk dinilai dahulu. Sambil menunggu, peserta masak menikmati makan siang di restoran hotel. Namun anak-anak ternyata lebih bersemangat memakan hasil masakannya sendiri, dan menunggu dengan tidak sabar hingga masakannya dikembalikan ke meja masing-masing.

Setelah mengumpulkan kembali tenaganya, Hatta dan Ray masih bertekad menjalani sesi memasak yang kedua. Kali ini menu yang dibuat adalah dessert berupa banana oreo mousse. Lebih sederhana dan cepat proses memasaknya, pisang dipotong memanjang lalu dipenyet dan digoreng. Oreo dicelup ke kocokan telur, dibalur ke tepung roti, kemudian digoreng juga. Setelahnya pisang dan oreo ditata secara kreatif menggunakan tambahan es krim dan stik pocky. Dan tadaaa jadilah banana oreo moussenya!

This slideshow requires JavaScript.

Secara keseluruhan, Hatta dan Ray sangat menikmati kegiatan memasak berdua di acara Daddy and Me Cooking Class ini. Beberapa kali mereka terlihat serius berdiskusi bersama menentukan cara mengolah makanannya atau sudah pas atau belum rasa mashed potatonya. Senang sekali melihat mereka kompak memasak bersama, apalagi menghabiskan makanannya di akhir acara. Bonusnya lagi, rasa makanannya enak banget! Ibu langsung menagih mereka untuk lebih sering memasak bersama di rumah. Hehe…

Keseruan hari itu juga diwarnai perkenalanku dengan family bloggers lainnya yang ikut diundang menginap di Holiday Inn Express JIExpo. Senang sekali bisa berinteraksi langsung dengan para bloggers yang selama ini hanya kutemui dunia maya.

This slideshow requires JavaScript.

Rangkaian kegiatan menginap kami di Holiday Inn Express JIExpo pun ditutup keesokan paginya dengan kunjungan ke Taman Impian Jaya Ancol yang hanya memakan waktu 8 menit berkendara menggunakan mobil dari hotel. Anak-anak bebas menikmati pasir pantai putih di belakang Ancol Beach City, salah satu pantai yang paling bersih di kawasan tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

Sebelumnya kami sempat menikmati dulu sarapan pagi di hotel, dengan opsi makan di tempat atau di-take away jika harus terburu-buru pergi. Sesuai dengan konsep layanan mandirinya, pengunjung di Holiday Inn Express JIExpo memang diberi fleksibilitas untuk meracik sendiri minumannya saat sarapan, mencuci baju di self-service laundry center, dan bebas menggunakan es batu yang tersedia untuk mendinginkan minuman yang dibeli dari vending machine hotel. Asyiknya lagi, hotelnya menempel langsung dengan gerai kopi Starbucks yang siap menyajikan caffeine booster sepanjang hari.

Untuk hotel dengan aksesibilitas tinggi ke pusat-pusat hiburan dan belanja di kawasan pusat dan utara Jakarta, Holiday Inn Express JIExpo memang terbilang sangat strategis dengan harga yang bersahabat pula!

Holiday Inn Express JIExpo

Jl. Pekan Raya Jakarta Pintu 6 Kemayoran

Jakarta Pusat

 

13 Comments Add yours

  1. Hastira says:

    wow senangnya ya bisa ikutan , bikin bahagia

    1. Mel Allira says:

      Iya Mbak, quality time bersama keluarga 🙂

  2. HM Zwan says:

    Hotelnya asik bangettt..seru ya anak cooking bareng ayah

    Salam kenal mak

    1. Mel Allira says:

      Salam kenal juga, Mak.. Iya, hotelnya asyik, masak2nya juga seru 🙂

  3. Wian says:

    Umur brp mba hatta? Udah pinter ya pegang pisaunya. Ak masih ngeri2 sedap ngasih anakku pisau saat bantu ak di dapur.

    1. Mel Allira says:

      Hatta usia 3,5 tahun, Mbak Wian.. Awalnya aku kasih dia pisau roti atau pisau plastik yang tidak terlalu tajam untuk perkenalan.. lama-lama setelah dia mulai handal menggunakannya, baru diberi pisau dapur, namun masih diawasi pemakaiannya

  4. Seruuu bangeeet mbaak acaranyaa. . Daddy and Me Cooking class ini jd quality time bapak dan anak yaak. . Seneng liatnyaa

    1. Mel Allira says:

      Seru, Mbak… Quality time yang unik, memang 🙂

  5. Dedew says:

    Hotelnya nyaman ya, liburan panjang gini enal staycation biar ngga kena macet hehe kak Hatta keren bisa masak..

    1. Mel Allira says:

      Hihi, makasi ya.. Betul staycation sekalian menghindari macet

  6. Lily kanaya says:

    Belum pernah ke Holiday Inn Kemayoran sini, padahal deket banget dari rumah saya…tempatnya cozy ya mba plus ada starbucks pula, wajib kesini nanti ah sambil bawa laptop hehe

  7. tesyasblog says:

    Aaah aku suka vlognya Mba Mel 🙂
    Yuk, kita liburan bareng lagi ahahahah..

    1. Mel Allira says:

      Makasi Mbak Tesya 🙂 Yuk, rencana mau ke mana lagi nih? hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *