Kejutan di Boyolali: Taman Pandan Alas

Jika selama ini Bandung dan Surabaya sering diidentikkan dengan kota yang gencar mengembangkan taman kota, diam-diam kota kecil seperti Boyolali mulai bersolek untuk menghadirkan sebuah taman bermain kecil bagi warganya.

Seperti banyak orangtua lainnya yang memiliki anak kecil dan tinggal di perkotaaan, aku dan Ray selalu menyempatkan diri untuk membawa anak-anak keluar rumah untuk mencari aktivitas hiburan. Saat liburan ke luar kota, taman-taman publik pun menjadi lokasi wisata utama yang dituju.

Taman kota yang cukup berkesan bagi kami adalah Taman Pandan Alas di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dalam perjalanan darat melalui jalur utama Semarang-Solo, di antara bangunan-bangunan yang monoton, tiba-tiba kami disuguhi pemandangan yang mengejutkan berupa taman luas dengan aneka wahana permainan anak yang dicat warna-warni. Lokasinya yang strategis lantas menjadi tempat persinggahan yang ideal bagi pelintas jalan yang membawa anak kecil.

Playground di Taman Pandan Alas Boyolali
Playground di Taman Pandan Alas Boyolali

Konsep taman bermain anak yang ditawarkan Taman Pandan Alas sangat menarik dan patut dijadikan contoh dalam pengembangan lokasi peristirahatan di sepanjang jalur-jalur utama perlintasan yang menghubungkan kota-kota besar di pulau Jawa, dan juga di kawasan lainnya di Indonesia. Selama ini lokasi peristirahatan bagi pengendara bermotor identik dengan pom bensin yang kurang ramah bagi keluarga dengan anak kecil.

Ketika berkunjung pada awal bulan Januari, taman yang terletak di pinggir Jalan Ampel/Solo-Boyolali ini masih dalam tahap pembangunan, namun sebagian fasilitasnya sudah operasional. Sebuah wahana perosotan dan panjatan yang dikelilingi kolam berpasir putih menjadi spot favorit bagi anak-anak yang berkunjung bersama orangtuanya. Empat ayunan besi yang saling berhadapan terpasang di bagian lain taman. Di ‘pojok outbond’ terpasang rintangan tali-temali yang melatih keseimbangan dan ketangkasan anak.

Fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi, kantin, gazebo, tempat cuci tangan, serta mushala juga telah dibangun. Hanya area kolam mandi bola dan satu wahana lainnya yang masih dalam proses pembangunan.

Pojok Outbond di Taman Pandan Alas Boyolali
Pojok Outbond di Taman Pandan Alas Boyolali

Namun demikian, kondisi beberapa fasilitas taman perlu mendapat perhatian. Ayunan besi dipasang terlalu tinggi untuk dinaiki sendiri oleh anak kecil, namun tempat duduknya terlalu sempit untuk ukuran orang dewasa sehingga kurang nyaman bagi orangtua yang ingin memangku anaknya ketika berayun-ayun. Saluran air di tempat wudhu dekat mushala tidak terinstalasi dengan baik sehingga air justru menggenang. Atap gazebo di bagian tengah taman tampak bocor di beberapa bagian sehingga lantai di bawahnya licin dan membahayakan pengunjung.

Dengan banyaknya pemerintah daerah di Indonesia saat ini yang melakukan pembangunan fisik taman kota di wilayah masing-masing, maka menjadi lebih mudah bagi orangtua untuk mencari alternatif kegiatan luar ruang bagi anak-anaknya.

Namun, keberadaan taman-taman kota yang memiliki fungsi lingkungan serta sosial yang positif bagi masyarakat perlu dihargai dan dirawat bersama. Semoga perhatian pemerintah daerah terhadap fasilitas fisik yang penting ini terus dijaga dan ditiru oleh wilayah-wilayah lain di sekitarnya.

Apakah kamu tahu taman publik lainnya yang memiliki fasilitas bermain anak yang bagus?

One Comment Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *