The Westin Resort Nusa Dua: Surga bagi Orangtua dan Anak-anak

Pengalaman pertama kami menginap di The Westin Resort Nusa Dua dilakukan bersama Hatta ketika dia masih berusia 14 bulan. Sementara Ray mengikuti konferensi di Bali Nusa Dua Convention Center, aku bisa bersantai menikmati semua fasilitas hotel yang khusus disediakan untuk menghibur anak-anak.

Kids spa di Westin Nusa Dua
Hatta takjub dengan kolam bunga di kids spa Westin Nusa Dua
Sarapan pagi di pinggir kolam ikan dengan burung-burung liar
Sarapan pagi di pinggir kolam ikan dengan burung-burung liar

Sarapan pagi diselenggarakan di pinggir kolam yang penuh ikan dan kerap dikunjungi burung-burung liar. Suasananya sungguh asri dan menghibur Hatta yang biasanya cepat bosan. Baby chair yang disediakan selalu bersih dan nyaman untuk diduduki. Setiap pagi, pihak restoran akan selalu menawarkan pilihan menu khusus yang dimasak untuk balita seperti bubur blenderan sayur dan daging (bukan bubur instan) atau sayur dan daging kukus. Bagi anak-anak yang lebih besar bahkan disediakan juga buffet sarapan khusus yang menyediakan pilihan sereal (koko crunch atau corn flakes), jus buah segar, aneka sayuran kukus dan buah potong, sandwich dan finger foods sehat lainnya. Kursi dan meja makannya saja khusus untuk ukuran anak-anak. Pilihan makanan untuk orang dewasa pun tidak kalah ragam dan rasanya, dari crepes dan gelato hingga vanilla panacotta pun ada.

Pantai hotel merupakan salah satu yang paling bersih di sepanjang Nusa Dua
Pantai hotel merupakan salah satu yang paling bersih di sepanjang Nusa Dua
Matahari pagi di pantai hotel yang sepi. Petugas menyisir pantai untuk membersihkan sampah.
Matahari pagi di pantai hotel yang sepi. Petugas menyisir pantai untuk membersihkan sampah.
Kursi malas pantai Westin Nusa Dua
Bersantai di kursi malas pantai hotel

Pagi dan sore hari merupakan waktu yang cocok untuk mengajak anak bermain di pantai. Air laut paling tenang di pagi hari ketika ombak belum terlalu besar, sedangkan sore hari air laut cukup hangat untuk anak berenang. Sayangnya seringkali ada sampah plastik yang terdampar di pantai. Namun demikian pihak hotel selalu mengumpulkan sampah-sampah tersebut dan membuang/menguburnya. Tempat duduk/lounger/daybed yang tersedia di pinggir pantai juga sangat nyaman untuk bersantai.

Sepanjang hari pihak hotel menyelenggarakan aktivitas-aktivitas menarik untuk pengunjung (banyak diantaranya gratis) seperti demonstrasi pembuatan sesajen Bali, kayaking, meditasi, yoga, jogging bersama, tur sepeda, dll. Aku dan Hatta pun menyempatkan menyewa sepeda dengan boncengan tempat duduk anak dan menggunakannya untuk menyusuri Pantai Nusa Dua di pagi hari. Jalan setapak di sepanjang pantai pada umumnya berkualitas bagus dan mudah untuk dilewati sepeda maupun kereta dorong.

Kids Club The Westin Nusa Dua
Kids Club The Westin Nusa Dua
Bermain lego di playroom kids club Westin Nusa Dua
Bermain lego di playroom kids club Westin Nusa Dua

Fasilitas shuttle bus gratis ke kompleks pertokoan Bali Collection juga tersedia beberapa kali sehari dan memungkinkan kami untuk mengunjungi Museum Pasifika–satu-satunya museum di daerah Nusa Dua.

Bagi orang tua yang ingin bersantai makan malam berdua atau menikmati fasilitas spa, tersedia jasa baby sitting yang bisa diusahakan oleh pihak hotel seharga Rp50.000 per jam/anak. Kami tidak menggunakan jasa ini namun kuperhatikan banyak pengunjung hotel lainnya yang memanfaatkan jasa baby sitting tersebut (para baby sitter terlihat menggunakan seragam khusus dan identitas jelas serta membawa perlengkapan mainan untuk menghibur anak asuhannya).

Serunya bermain di kolam pasir kids club Westin Nusa Dua
Serunya bermain di kolam pasir kids club Westin Nusa Dua
Outdoor playground kids club Westin Nusa Dua yang teduh
Outdoor playground kids club Westin Nusa Dua yang teduh
Mobil-mobilan di playground kids club Westin Nusa Dua
Hatta senang sekali bermain mobil-mobilan di playground kids club Westin Nusa Dua

Ketika panas terik di siang hari, Hatta biasa kuajak bermain ke Kids Club yang menyediakan aneka mainan dan hiburan menarik sesuai tahapan usia anak. Ada kamar bermain yang dilengkapi lego, truk, boneka, dan tempat tidur untuk anak usia balita. Ada juga taman bermain pasir yang dilengkapi perosotan, mobil-mobilan, dan ayunan. Untuk anak-anak yang lebih besar tersedia taman bermain terpisah dengan arena panjat dinding dan kreativitas musik/seni. Sedangkan untuk anak remaja tersedia bangunan khusus dengan sofa-sofa empuk dan playstation, komputer, hingga mini theater. Luar biasa. Hatta sangat menikmati permainan dan aktivitas di Kids Club setiap harinya.

Perhatian lebih yang diberikan hotel ini bagi anak-anak juga terlihat dari fasilitas/layanan lainnya seperti pojok anak di lobi hotel yang diisi dengan sofa-sofa empuk ukuran anak-anak, meja gambar, pensil warna dan kertas-kertas bergambar, dan dua boneka teddy bear raksasa yang bisa dimainkan oleh anak-anak secara leluasa. Pada saat check in, Hatta juga diberikan bingkisan khusus dari pihak hotel berupa lampu malam, alat pelindung colokan listrik, dan bebek-bebekan. Anak yang lebih besar juga mendapatkan bingkisan berupa topi, botol minum, peta dunia, pensil warna beserta satu set kartu pos bergambar. Bagi yang ingin memanjakan anaknya juga tersedia fasilitas Kids Spa yang memberikan jasa pijat, facial, hingga manicure pedicure khusus anak.

Pojok menggambar di lobby Westin Nusa Dua
Pojok menggambar di lobby Westin Nusa Dua
Teddy bear raksasa di lobby Westin Nusa Dua
Hatta puas bermain dengan teddy bear raksasa di lobby hotel

Kolam renang yang tersedia di hotel juga dibedakan berdasarkan usia penggunanya. Ada kolam renang kecil khusus balita dengan kedalaman 60 cm yang sengaja dibuat teduh sehingga aman bagi anak balita. Ada pula kolam renang yang lebih dalam dengan ring basket, air terjun, beserta perosotan besarnya. Kolam renang khusus dewasa dengan bar kolam pun dibuat terpisah. Penjaga kolam selalu siaga mengawasi aktivitas perenang.

Kasur empuk Westin Nusa Dua
Hatta tidur nyenyak di kasur dan bantal hotel yang empuk
Kamar hotel Westin Nusa Dua
Kamar hotel Westin Nusa Dua

Secara keseluruhan hotel ini benar-benar tahu cara memanjakan orang tua dan anak-anaknya. Sangat recommended untuk keluarga. Rasanya tak sabar ingin kembali ke sana!

(Tulisan ini merupakan saduran dari review saya yang pernah dimuat di TripAdvisor.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *