Trekking Menggunakan Baby Backpack

Travel menggunakan stroller tidak selamanya praktis–tergantung ke mana kita bepergian. Pengalaman kami berkeliling Ubud, Bali dan Taman Safari, Puncak bersama anak kecil membuktikan bahwa travel menggunakan baby backpack atau gendongan ransel lebih cocok untuk kawasan yang karakter jalanannya sempit dan tidak nyaman untuk dilewati stroller, juga karena ada banyak jalur trekking.

Dalam kedua perjalanan tersebut kami menyewa baby backpack merk Deuter Kid Comfort untuk menggendong si Hatta menempuh jalur trekking yang menyusuri perbukitan dan hutan. Gendongan ransel merek itu termasuk umum digunakan di Indonesia, dijual di sebagian besar toko perlengkapan outdoor, dan tersedia di usaha-usaha penyewaan barang bayi.

Hatta dibawa menggunakan gendongan ransel di galeri seni di Ubud
Hatta dibawa menggunakan gendongan ransel di galeri seni di Ubud

Pengalaman menggendong Hatta (yang waktu itu berbobot kurang lebih delapan kilogram) berkeliling Ubud beberapa jam selama lima hari menggunakan Deuter Kid Comfort terbilang relatif nyaman. Walaupun gendongan sewaan yang kami dapatkan sudah terlihat agak usang karena dipakai oleh penyewa-penyewa sebelumnya, namun fungsinya masih baik. Hatta tidak pernah protes selama berada di dalam gendongan, malah sering minta masuk ke gendongan jika kebetulan sedang tidak digunakan.

Dengan strap pinggang yang tebal dan strap pundak yang empuk, beban tubuh Hatta terdistribusi dengan baik sehingga nyaman di punggung dan pinggul penggendongnya. Sebuah besi penyangga yang terlipat di bagian bawah gendongan otomatis terbuka jika penggendong mengambil posisi duduk untuk meletakkan si bocah di tanah. Hal ini memastikan anak tidak akan jatuh terguling jika ransel dilepaskan dari tubuh penggendongnya. Selain itu di bagian bawah gendongan terdapat injakan kaki untuk bocah.

Kanopi yang bisa dilepas pasang di bagian atas gendongan cukup lebar untuk melindungi kepala bocah dari matahari yang bersinar dari arah atas dan belakang, namun kurang efektif menghalau panas dari samping dan depan. Pemakaian sunblock untuk anak tetap penting untuk menghindari terbakarnya kulit saat beraktivitas di luar ruang.

Hampir ke manapun kami bepergian keliling Ubud pasti menggunakan gendongan ransel–di dalam kota ketika mengunjungi galeri-galeri seni, hingga jalur perbukitan Campuhan yang menyusuri sawah-sawah, perkampungan, dan vila-vila mewah.

Hatta digendong lagi menggunakan Deuter Kid Comfort di Safari Trek, Taman Safari, Puncak
Hatta digendong lagi menggunakan Deuter Kid Comfort di Safari Trek, Taman Safari, Puncak

Performa Deuter Kid Comfort paling diuji ketika digunakan untuk trekking. Jalur Campuhan yang melintas sepanjang kurang lebih 2 kilometer (satu arah) berkontur mendaki ketika berangkat, dan tentunya lebih mudah dijalani ketika berbalik arah untuk pulang. Di trek ini aku dan Ray sempat bergantian menggendong Hatta. Bagiku, yang menderita kelainan tulang punggung skoliosis, pengalaman menggunakan Deuter Kid Comfort terbilang nyaman dan tidak menyakitkan punggung. Si bocah pun sukses tertidur di dalam gendongan pada akhir perjalanan.

Ketika menyusuri trek hutan sepanjang 5 kilometer di Taman Safari Puncak beberapa bulan kemudian, Ray yang kebagian tugas menggendong Hatta karena saat itu aku tengah mengandung adiknya, Sjahrir.

Kali itu kami mendapat sewaan versi Deuter Kid Comfort yang lebih baru. Padding tempat duduk anak serta bantalan pundak, punggung, dan pinggang sang penggendong lebih tebal dan empuk daripada versi sebelumnya yang kami sewa di Ubud. Kantong-kantong penyimpanan barang tersedia di bagian bawah, belakang, serta samping kanan-kiri gendongan.

Dibandingkan Ubud, jalur Safari Trek jauh lebih panjang dan berkontur naik turun, namun relatif adem karena terlindungi oleh rimbunnya pepohonan. Pengalaman Ray menggendong Hatta menggunakan Deuter Kid Comfort dirasa sangat nyaman, terlebih karena bagian punggung ransel bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh penggunanya. Dan sekali lagi Hatta pun tertidur di gendongannya.

Apakah kamu punya pengalaman trekking bersama anak kecil?

 

 

 

4 Comments Add yours

  1. Selly says:

    Ubud dimananya mbak bisa sewa baby backpack?

    makasih

    1. Mel Allira says:

      Mbak Selly, saya sewa baby backpack dari online shop baby rental, coba google saja ‘bali baby hire’. Barang sewaan bisa diantar ke manapun kita berada di Bali atau diambil sendiri di kantornya di Denpasar.

      1. Selly says:

        oke, makasih ya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *