Yoga Barn Ubud: Me Time untuk Ibu!

Setelah seminggu lebih menghabiskan waktu 24 jam non-stop setiap harinya bersama si kecil, tiba saatnya sang ibu refreshing sesaat untuk ‘me time’ saat liburan di Bali. Kebetulan di Ubud, kota terakhir tempat kami menginap sebelum pulang kembali ke Jakarta, terdapat pusat pelatihan yoga yang terkenal memiliki aneka kelas yang disesuaikan dengan kemampuan pesertanya.

Suatu hari, setelah menelepon terlebih dahulu untuk mengecek jadwal kelas yoga yang akan dilangsungkan hari itu, saya pergi ke Yoga Barn bersama Ray dan Hatta. Sore itu saya mendaftarkan diri untuk kelas yoga vinyasa flow. Ternyata untuk WNI ada harga khusus yang lebih murah dibandingkan peserta kelas WNA.

Saya pun naik ke lantai atas studio utama untuk mengikuti kelas sepanjang 1,5 jam, sementara Ray menjaga Hatta di platform kayu luas di tengah kompleks Yoga Barn. Kebetulan Yoga Barn memiliki peraturan bahwa anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh masuk ke dalam kelas karena khawatir akan mengganggu konsentrasi peserta lainnya. Untunglah area sekitar dikelilingi kebun-kebun yang asri, dengan beberapa pondokan/joglo yang nyaman dan dilengkapi bantal-bantal besar dan bean bag empuk. Hatta bisa cukup puas berlari-lari dan mengeksplor kawasan itu sembari menunggu ibunya selesai yoga.

img_8549-1024x768Kelas yoga yang saya ikuti dibimbing oleh instruktur asal Amerika bernama Levi dan dibawakan dalam bahasa Inggris. Kelasnya merupakan ruangan semi terbuka dan cukup luas untuk menampung 50an peserta hari itu—sebagian besar expat. Air minum, matras yoga, bantal dan busa penyangga semua disediakan di kelas dan bebas digunakan oleh peserta. Sepanjang beraktivitas kami diiringi oleh alunan musik instrumental yang dimaninkan live oleh seorang gitaris perempuan. Sungguh mengesankan!

Pengalaman ber-me time di Yoga Barn benar-benar menyegarkan badan dan pikiran. Sirkulasi udara yang alami dari sawah dan kebun di sekitar studio, beserta iringan suara-suara alam seperti kokok ayam dan aliran sungai membuat saya bisa lebih menghayati aktivitas sore itu. Ketika membuka mata dari pose shavasana di akhir sesi yoga hari itu, mata langsung melihat langit biru yang mengintip dari balik atap studio. Sempurna!

fullsizerender-207

The Yoga Barn menyelenggarakan beragam kelas yoga, meditasi, dan penyembuhan. Silakan cek website dan Facebook page mereka untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas-kelasnya.

8 Comments Add yours

  1. zata ligouw says:

    liat postingan ini ngiler banget, jadi pengen me time, yoga-an, jalan-jalan, shopping #eh

    1. Allira says:

      Iya Mbak Zata perlu banget me time rutin ya, hehe.. yuk! 🙂

  2. tesyasblog says:

    Aaaah, bakal betah banget kalau yoga di tempat kaya gini. Aku kalau ke Bali belum pernah kepikiran khusus untuk yoga di Ubud. Tapi kayanya harus deh next time:)

    1. Mel Allira says:

      Iya Mbak @tesyablog, di Ubud ada banyak opsi studio yoga, dan kelas-kelas yoga.. bahkan ada retreat yoga khusus untuk perempuan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya..

  3. evrinasp says:

    Halo mbak alira, salam kenal, ternyata travel blogger ya mbak, senang bisa punya banyak teman blogger di bogor

    1. Mel Allira says:

      Hai Mbak Ev, kabarin ya kalau ada workshop/event di bogor/jakarta 🙂

      1. evrinasp says:

        Mbak, facebooknya apa mbak? Biar bisa temenan. Facebook saya Evrina Budiastuti

        1. Mel Allira says:

          Mbak Ev, aku add ya FBnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *